Wales Memulai dengan Kemenangan, Tundukkan Slovakia 2-1

Wales Memulai dengan Kemenangan, Tundukkan Slovakia 2-1

Jadwal Piala Euro 2016 – Debut Wales di Piala Eropa berakhir dengan kemenangan. Menghadapi Slovakia di Stade de Bordeaux, Sabtu ( 11/06/2016 ) malam WIB, Gareth Bale dkk unggul 2-1.

Wales sebenarnya lebih banyak ditekan di awal pertandingan. Namun mereka justru bisa unggul lebih dulu melalui tendangan bebas Bale saat pertandingan baru berusia 10 menit.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-61, Slovakia berhasil menyamakan kedudukan lewat Ondrej Duda. Namun skor tersebut cuma bertahan sekitar 20 menit. karena sembilan menit sebelum laga tuntas Hal Robson-Kanu berhasil menjebol gawang Slovakia untuk memastikan Wales meraih kemenangan 2-1.

Ini menjadi kemenangan pertama Wales di Piala Eropa 2016. sekaligus yang pertama disepanjang sejarah Piala Eropa karena 2016 merupakan tahun debut mereka di kompetisi ini. Wales kini memimpin Grup B dengan nilai tiga. Unggul dari Inggris dan Rusia yang baru akan bertanding beberapa jam lagi.

Wales akan berhadapan dengan Inggris di pertandingan kedua, Kamis 16/06/2016 mendatang.

Pertandingan baru berjalan tiga menit saat Slovakia menciptakan peluang emas mencetak gol, dimana Kns tersebut murni tercipta berkat aksi infividu Marek Hamsik. Sampai didalam kotak penalti usai melewati beberapa pemain lawan, Hamsik melepaskan tembakan yang memperdaya kiper Ward. Tapi bol yang disepak gelandang Napoli itu urung masuk kegawang karena disapu Ben Davies.

Gol indah dari tendangan bebas Bale.

Wales mendapat tendangan bebas yang berjarak sekitar 27 meter dari gawang Slovakia. Bale mengeksekusinya dengan sempurna, bola yang dia sepak menukik dan menerjang masuk kegawang tanpa bisa dihalau kiper Matus Kozacik.

Slovakian kemudian mencoba memberi respons dengan menekan pertahanan Wales. Mencoba bermain sabar dengan memutar bola demi mendapat celah, mereka tetap kesulitan masuk kotak penalti Wales.

Melalui Kucka dan Hamsik yang beroperasi di kedua sisi lapangan, Slovakian terus mencoba menekan pertahanan Wales. Tapi sampai menit 30 belum ada tembakan ke gawang dilepaskan. Satu-satunya shot yang tercatat di periode ini adalah tendangan spekulasi Kucka yang melayang jauh dari sasaran.

Setelah tendangan jarak jauh Aaron Ramsey degan mudah dijinakkan Kozacik, Slovakia memiliki beberapa peluang jelang laga tuntas. Yang pertama adalah tendangan keras Hamsik yang terhadang padatnya barisan belakang Wales, dan berlanjut dengan Martin Skrtel yang gagal menanduk bola di muka gawang saat dia lolos dari jebakan offside.

Di periode injury time, sepakan kaki kiri Bale dari luar kotak penalti terlalu lemah. Momen tersebut menjadi penutup babak pertama. Harus menunggu hingga sembilan menit untuk tercipta peluang pertama di babak kedua. Momen itu datang ketika Max lolos dari jebakan offside saat mengejar umpan panjang, Tapi tembakan yang dia lepaskan dari muka kotak penalti, sambil dipepet bek Wales.

Memasuki menit 61 Slovakia berhasil menyamakan kedudukan, gol dibuat oleh Ondrej Duda, yang belum genap semenit masuk lapangan. Gol yang mengubah kedudukan jadi 1-1 itu bermula dari serangan yang dibangun melalui sisi kanan. Robert Mak melepas umpan pada Duda di dalam kotak penalti, dan tembakan gelandang Legia Warsawa itu mengecoh kiper Wales.

Slovakia lantas mendapat momentum dari keberhasilannya menyamakan kedudukan. Hingga sekitar 10 menit setelah gol tersebut mereka terus membangun serangan ke pertahanan Wales. Namun upaya dari Vladimir Weiss, Kucka, dan Mak tak satupun yang membuahkan hasil. Sembilan menit sebelum pertandingan waktu normal tuntas, Wales kembali berhasil memimpin pertandingan. Gol tersebut juga diciptakan oleh pemain pengganti, Robson-Kanu.

Ramsey punya peran besar atas terciptanya gol ini saat penetrasinya ke kotak penalti berakhir dengan umpan pendek pada Robson Kanu. Tendangan yang dilepaskan Kanu di dalam kotak penalti sebenarnya tidak sempurna, tapi itu cukup untuk membuat bola melewati kolong kaki bek Slovakia dan kemudian bersarang di gawang.

Di sisa pertandingan, Slovakia terus menekan pertahanan Wales. Tapi justru Wales yang punya kans bikin gol ketiga, melalui sebuah serangan balik yang dimotori Bale. Tapi gol ketiga batal tercipta lantaran Ramsey terlalu lama memegang bola di dalam kotak penalti, yang membuat barisan pertahanan Slovakia segera bisa menutup rapat wilayahnya.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*