Uni Sepak Bola Eropa

Uni Sepak Bola Eropa

JADWALPIALAEURO.COM – Uni Sepak Bola Eropa dalam bahasa Inggris Union of Europen Football Associations, biasa disebut dengan singkatannya UEFA, Dalam bahasa Prancis – Union Des Associations Européennes De Football, Dalam bahasa Jerman Vereinigung Europäscher Fußballverbände adalah badan administratif dan pengatur Sepak Bola Eropa, meskipun sejumlah anggota memiliki wilayah di Afrika atau Asia. ini merupakan salah satu dari enam konfederasi benua dari badan sepak bola dunia FIFA. Uefa yang terdiri dari 54 Anggota Asosiasi Nasional.

UEFA merupakan salah satu asosiasi sepak bola nasional Eropa, menjalankan kompetisi klub dan negara termasuk Kejuaraan Sepak Bola Eropa Eufa, Liga Champions Uefa, Liga Eropa Uefa, dan Piala Super Uefa, mengatur semua peraturan, hak siar media, serta hadiah disaat adanya kompetisi.

Hingga tahun 1959 markas utama berlokasi di Paris ketika organisasi ini pindah ke Bern. Pada tahun 1995, Markas Uefa dipindahkan ke Nyon, Swiss . Henri Delaunay adalah Skretaris Jendral pertama dan Ebbe Schwartz presiden pertama. Presiden saat ini adalah mantan pemain sepak bola dari Prancis,

Sejarah Dan Keanggotaan Uni

Uefa didirikan pada tanggal 15 Juni 1954 di Basel, Swiss Setelah konsultasi antar Italia, Prancis, dan Belgia. Awalnya, Uni sepak bola Eropa terdiri dari 25 anggota yang jumlahnya dua kali lipat pada awal 1990 an. Sebagian besar ke anggotaan UEFA mendapatkan pengakuan sebagai negara berdaulat di Eropa, Meskipun ada beberapa pengecualian. Beberapa negara kecil, Tidak termasuk dalam anggota. Beberapa anggota Uefa bukan negara yang berdaulat, tetapi merupakan bagian dari negara berdaulat yang telah di akui oleh konteks hukum internasional. Sebagai contoh : Inggris dan Skotlandia. Namun, dalam konteks ini berfungsi pemerintah negara terkait dengan olahraga cenderung dilakukan di tingkat wilayah yang berbatasan dengan entitas keanggotaan Eufa. Beberapa anggota Uefa adalah negara benua. Beberapa negara di Asia juga mengaku sebagai asosiasi sepak Bola Eropa, khususnya Israel dan Kazakhstan, yang telah menjadi anggota konfederasi Sepak Bola Asia. Selain itu beberapa asosiasi anggota Uefa memungkinkan tim dari luar wilayah utama Asosiasi mereka untuk ikut ambil bagian dalam kompetisi domestik mereka sendiri. Monako sebagai contoh yang mengambil bagian dalam liga prancis Club Cardiff City dan Swansea City berpatisipasi dalam Liga Inggris, Berwick Rangers, yang berlokasi di Inggris, bermain di liga sepak bola profesional Skotlandia dan Derry City, yang berlokasi di Irlandia Utara, bermain di Liga Irlandia yang berbasis di Republika Irlandia

Internasional

Liga Champions Uefa adalah kompetisi terbaik, dimulai pada musim tahun 1992/93 dan mendapatkan tim terbaik yang menduduki peringkat 1-4 dari liga untuk masing-masing negara. Kompetisi ini kembali terstuktur dari sebelumnya yang hanya mengumpulkan tim terbaik untuk masing-masing negara.

Berikutnya, Liga Eropa Uefa adalah kompetisi dengan peringat yang buruk. Pada kompetisi ini, Pada kompetisi ini, adanya sistem gugur untuk menentukan pemenang tim liga dengan posisi puncak. Kompetisi ini diluncurkan oleh Uefa pada tahun 1971 sebagai pengganti dari Piala Uefa dan Piala Fairs. Kompetisi ketiga Piala Winners, dimulai pada tahun 1960, termasuk dalam Piala Uefa pada tahun 1999.

Dalam sepak bola wanita Uefa juga di selenggarakan Liga Chapions wanita Uefa untuk tim Club. Kompetisi ini pertama kali diadakan pada tahun 2001, dan di kenal sebagai Piala Uefa Wanita sampai tahun 2009. Piala Super Uefa mengadu pemenang Liga Champion melawan pemenang Liga Eropa Uefa dan menjadi kompetisi resmi pada tahun 1973.

Piala Intertoto Uefa adalah kompetisi musim panas, sebelumnya di kelola oleh beberapa asosiasi sepak bola Eropa Tengah, yang diluncurkan kembali dan di akui sebagai kompetisi klub Uefa resmi oleh Uefa pada tahun 1995. Piala Intertoto terakhir berlangsung pada tahun 2008.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*