Timnas Belgia dan Marc Wilmots Pisah Jalan

Timnas Belgia dan Marc Wilmots Pisah Jalan

Jadwal Piala Euro 2016 – Tim Nasional Belgia tidak mencapai target yang dipasanga pada Piala Eropa 2016. Atas kegagalan tersebut Marc Wilmots diberhentikan posisinya.

Target yang dipasang untuk Piala Eropa tidak tercapai. Kami butuh momentum baru,” ucap Presiden Asosiasi Sepak Bola Belgia, Francois de Keersmaecker, seperti dikutip dari BBC.

Wilmots diberhentikan dari kursi pelatih sekitar dua pekan setelah Belgia dikalahkan Wales di perempatfinal Piala Eropa 2016. Dalam laga tersebut, Eden Hazard dkk takluk dengan skor 1-3.

Belgia secara keseluruhan dinilai tampil di bawah performa terbaiknya pada turnamen tersebut. Mereka mengawali Piala Eropa dengan kekalahan 0-2 di tangan Italia, meski kemudian unggul 3-0 dari Rep.Irlandia dan mengalahkan Swedia 1-0.

Di fase Knock Out, Belgia menunjukkan penampilan mengesankan saat menghajar Hongaria 4-0. Namun kemudian kalah telak dan tersingkir di tangan Wales. Hasil tersebut dirasa sangat mengecewakan karena Belgia datang dengan skuat bertabur bintang, yang bahkan disebut-sebut sebagai ‘golden generation’ negara tersebut, dengan komposisi pemain seperti Thubaut Courtois, Toby Alderweireld, Eden Hazard dan Romelu Lukaku.

Kinerja Wilmots selama empat tahun menukangi Timnas Belgia sebenarnya tidak bisa dibilang buruk. Dari posisi 54 dunia, The Red Devils kini bertengger di posisi dua. Total ada 34 kemenangan, delapan kali imbang dan delapan kekalahan didapat dari 51 laga bersama pelatih berusia 47 tahun itu.

“Asosiasi Sepakbola Belgia sudah membuat kesepakatan dengan Marc Wilmots untuk menyudahi kontraknya, yang bertahan sampai 2018.”

Asosiasi Sepakbola Belgia akan secepatnya memulai prosedur mencari pelatih kepala baru, dengan cara yang transparan. Rencananya adalah memulai laga selanjutnya di bulan September bersama pelatih baru, yang dimulai dengan laga persahabatan dengan Spanyol di Brussels pada 1 September,” lanjut pernyataan tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*