Tiki Taka di Piala Eropa 2016

Tiki Taka Di Piala Eropa 2016

JadwalPialaEuro – Tiki Taka di Piala Euro 2016. Pada laga Elclasico kemarin, dimana Barcelona berhadapan dengan Real Madrid, Barcelona memenangkan nya dengan cara yang tidak biasa. Gol tersebut tercipta dari eksekusi bola mati dan di tutup dengan sundulan melalui umpan panjang. Dan dapat di lihat juga dalam hal penguasaan bola yang hanya 52 %, Hal tersebut belum pernah terjadi di Barcelona dengan menggunakan taktik tiki taka sebelumnya. Para pemain Real Madrid secara tidak langsung bermain secara perlahan dan tidak langsung di paksa untuk bermain seperti Barcelona. Para pemain Real Madrid harus di paksa keras barisan pertahanan Barca dan sangat sulit untuk menahan serangan balik cepat dan umpan umpan panjang ke depan, hal yang di gunakan biasanya pada tim Real Madrid.

  • Susunan Pemain
Susunanan Pemain Barcelona vs Real Madrid
Jadwal Piala Euro 2016 – Susunanan Pemain Barcelona vs Real Madrid 

Pelatih Barcelona, Luis Enrique menggunakan formasi 4-3-3 yang merupakan formasi andalan Barca serta melakukan perubahan di skuad pada Prediksi Piala Eropa. Seperti Jordi Alaba yang di turunkan bermain di bek kiri, beseta Jeremy Mathieu di pindahkan ke tengah sebagai pengganti Javier Mascherano. Dan Messi bermain di sisi kanan sama persis pada saat di pimpin Pep Guardiola.

  • Perubahan di Real Madrid

Real Madrid era Carlo Ancelotti menggunakan 4-4-2 dan dapat sewaktu waktu berubah menjadi 4-3-3 dalam Jadwal Piala Euro. Awal berjalanya laga, Barcelona memegang kendali permainan tetapi sulit untuk menembus pertahanan Real Madrid. Para pemain tengah Barca sering di buat binggung untuk mengoper ke siapa. Messi dan Neymar terjebak di sisi lapangan dan Suarez sendirian di tengah di antara para bek Madrid untuk mencoba membuat ruang bagi para rekanya. Akibat ini Barcelona terpaksa memainkan umpan umpan panjang yang sangat beresiko kehilangan bola.

Jadwal Piala Euro 2016 - Pola 4-4-2 Real Madrid
Jadwal Piala Euro 2016 – Pola 4-4-2 Real Madrid

Real Madrid selalu berhasil memanfaatkan bola untuk serangan balik bila  Barca sedang kehilangan bola. Para gelandan tengah madrid yang kreatif Luka Modric dan Toni Kroos langsung mengambil inisiatif transformasi di Madrid dalam Jadwal Piala Eropa, yang tentu saja di ikuti oleh penetrasi di area depan oleh Bale dan membuat tiga barisan penyerang yang bersama Karim Benzema dan Christiano Ronaldo. Marcelo sesekali menyisir sisi kiri Barca dan di ikutin oleh Ronaldo yang bergerak ke tengah. Isco bermain lebih kedalam untuk menekan ruang gerak Messi, dan Modric di sisi kanan menyasar ke Neymar.

Taktik Madrid ini berjalan sangat lancar dalam Jadwal Piala Eropa, Dan pada menit 13 Madrid berhasil melakukan empat tembakan dan satu buah sundulan yang mengenai tiang gawang, berbanding terbalik yang di lakukan Barca, hanya satu tembakan padahal Barca pada saat itu menguasai bola dengan 62 %.

  • Kontrol Bola Yang Buruk Oleh Barcelona

Bisa unggul lebih dulu berkat set play adalah keberuntungan bagi Barca. Berawal dari pelanggaran Pepe terhadap Suarez berujung tendangan bebas yang tepat jatuh di kepala Mathieu dan berbuah gol. Tertinggal, Madrid langsung meningkatkan intensitas serangan meraka dalam Prediksi Piala Euro . Pemain tengah seperti Toni Kroos dan Modrid memberikan umpan dan pressing yang sangat baik agar bola berada di tengah wilayah Barca. Dan di sertai dengan majunya para bek Madrid yang membuat garis pertahanan Madrid maju ke depan yang memperdekat jarak antara Bek dan Gelandang.

Jadwal Piala Euro 2016 - Pressing Ketat Madrid Terhadap Barcelona
Jadwal Piala Euro 2016 – Pressing Ketat Madrid Terhadap Barcelona

Akibat Pressing yang ketat dari Madrid, Para gelandang Barca sangat kesulitan untuk menguasai Bola dalam membentuk serangan. Akibatnya jarak yang lebar dengan para striker membuat para gelandang Barca membuat umpan umpan jarak jauh tidak jelas ke depan untuk memajukan bola. Akibat buruknya kontrol bola di lini tengah Barcelona mengakibatkan matinya lini tengah bagi Barca. Mascgerano sangat berbeda dengan Busquets dalam hal bila di pressing di Prediksi Piala Eropa, iya sering terlihat sangat panik, Lain dengan Busquets yang memiliki kontrol bola yang baik dan dapat mendikte alur permainan, dan Rakitic juga tidak berbeda jauh dengan Mascherano. Performa yang sangat jelek sebaga Jangkar Barca, Sepanjang permainan iya hanya membuat lima kali tekel dan berhasil hanya satu kali, tidak pernah memenangkan duel udara, dan tidak melakukan intercept, blok, yang merupakan performa yang sangat buruk pada saat itu sebagai jangkar.

  • Serangan Real Madrid

Satu gol yang di buat Real Madrid berawal dari kehebatan Benzema untuk menciptakan ruang di barisan pertahanan Barca dalam Prediksi Euro. Modric yang melihat pergerakan sang striker langsung memberikan umpan lurus ke arah kotak pinalti Barca, dengan sedikit sentuhan Benzema melepaskan umpan indah ke Ronaldo yang telah bergerak dari ruang yang di ciptakan Benzema. Dan sang bek Mascherano mengalami kekeliruan dari arah umpan Modric, dan menciptakan wilayah kosong yang segera di manfaatkan Ronaldo untuk membuat gol.

Jadwal Piala Euro 2016 - Benzema Membuat Ruang Bagi Ronaldo di Tengah
Jadwal Piala Euro 2016 – Benzema Membuat Ruang Bagi Ronaldo di Tengah

Madrid terus memberikan serangan dengan menggempur pertahanan Barcelona yang lemah, Dan nyaris membalikkan keadaan Jika saja Bale berhasil kan memanfaat dua buah peluang yang ada, Pada saat tendangan corner tendanganya melebar ke kanan gawang pada Jadwal Euro. Dan yang terakhir pada saat melakukan counter attack, menerima umpan yang diberikan Benzema dan Bale melakukan sprint yang melewati Jordi Alba tetapi berujung tekel berbahaya yang di lakukan Pique. Pique terlihat jatuh bangun dalam meredam gempuran para pemain Madrid. Iya tercatat telah berhasil melakukan tekel sebanyak lima kali, dua kali blok, lima kali sapuan, dan enam kali intersep, dan tentunya tanpa melakukan pelanggaran.

Dan perubahan taktik ini terbukti sangat efektif , di sisa pertandingan Barcelona berhasil mencatatkan delapan peluang membuat gol, dan semestinya bisa meciptakan tiga gol. Luis Enrique telah mengubah permainan Barcelona dari tiki taka yang berorientasi di lini tengah dengan lebih memfokuskan lini tengah dalam memberikan umpan umpan langsung di Prediksi Lengkap Piala Euro. Dan tentunya hal yang sangat baik mengingat ketiga striker Barcelona merupakan pemain bertalenta individu kelas dunia.

Sekian artikel mengenai Jadwal Piala Euro 2016 – Modifikasi Tiki Taka Ala Luis Enrique di Klub Barcelona. Dan terbukti sangat ampuh bila terjadi di waktu yang sangat genting, karena umpan panjang dapat membuat pemain lawan menjadi kurang konsentrasi. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*