Tampil Agresif, Hongaria Tundukan Austria 2-0

Tampil Agresif, Hongaria Tundukan Austria 2-0

Jadwal Piala Euro 2016 – Hongaria sukses menundukkan Austria 2-0 pada laga pertama Grup F. Dua gol Hongaria di laga ini semuanya tercipta di babak kedua.

Baik Austria maupun Hongaria sama-sama tampil ofensif pada laga ini. Namun, Hongaria terbilang lebih efisien dalam memanfaatkan peluang yang mereka miliki. Dari 12 attempts yang dilepaskan Hongaria, 7 di antaranya mengarah tepat sasaran. Sementara, Austria punya 8 attempts, tetapi hanya 4 yang tepat sasaran.

Austria sendiri harus bermain dengan 10 orang setelah Aleksandar Dragovic mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-65.

Dengan hasil ini, Hongaria sementara memimpin Grup F dengan nilai 3. Laga kedua dari Grup F, antara Portugal dan Islandia, akan dihelat pada pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nouveau Stade de Bordeaux, Bordeaux, Selasa (14/6/2016) malam WIB, baik Austria maupun Hongaria sama-sama tampil ofensif. Imbasnya, tersaji laga menarik pada paruh pertama, di mana kedua kesebelasan saling berbalas peluang.

Ketika pertandingan belum berjalan semenit, tepatnya baru 33 detik, Austria sudah mendapatkan peluang bagus. Bola diberikan kepada David Alaba, yang berdiri tidak jauh dari kotak penalti Hongaria. Alaba lantas melepaskan sepakan jarak jauh, namun sepakannya menerpa tiang gawang.

Itu bukanlah satu-satunya peluang yang didapatkan Alaba di babak pertama. Pada menit ke-10, pemain serba-bisa milik Bayern Munich itu kembali melepaskan sepakan terarah. Kali ini, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan Kiraly.

Hongaria tidak mau kalah. Beberapa kali mereka bisa menekan dengan melepaskan umpan-umpan direct ke depan. Pada menit ke-24, umpan jauh ke depan dibelokkan oleh Adam Szalai ke arah Zoltan Gera yang berada di belakangnya. Gera kemudian melepaskan sepakan first-time, tetapi sepakannya ditangkap oleh kiper Austria, Robert Almer.

Sepuluh menit berselang, gelandang Austria, Zlatko Junuzovic mendapatkan kans bagus: Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi Kiraly dengan cekatan bisa menepisnya.

Enam menit setelahnya, Junuzovic bekerja sama membangun serangan dari sisi kiri dengan Marko Arnautovic. Junuzovic melakukan operan satu-dua dengan Arnautovic, yang lantas membuat Arnautovic berada dalam posisi bebas di sisi kiri lapangan. Arnautovic lantas melepaskan umpan datar ke tiang jauh, yang sialnya gagal disambut dengan baik oleh Martin Harnik. Sepakan Harnik justru melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-42, Hongaria kembali membalas. Kali ini, umpan terobosan ke arah kanan disambut oleh Balazs Dzsudzsak. Namun, tendangan Dzsudzsak juga melenceng.

Babak pertama pun berakhir tak lama setelahnya.

Di babak kedua, tempo cepat kembali diperagakan oleh kedua kesebelasan. Hanya saja, Austria, yang naik terlalu tinggi, gagal menata pertahanannya dengan baik. Seringkali serangan balik Hongaria membuat mereka kesulitan.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-54, Dzsudzsak mencoba peruntungannya dengan melepaskan sepakan kaki kiri dari jarak jauh. Sepakannya tersebut mengarah ke sudut atas gawang Austria, tetapi Almer masih bisa menepisnya.

Petaka buat Austria datang di menit ke-60, ketika salah satu motor serangan mereka, Junuzovic, tampak tidak bisa melanjutkan pertandingan. Engkel kaki kanan Junuzovic sempat terkilir di babak pertama dan akhirnya ia tidak mampu bertahan selama 90 menit. Posisinya pun digantikan Marcel Sabitzer.

Dua menit kemudian, Hongaria unggul atas Austria. Gol bermula dari skema serangan yang sudah diperlihatkan Hongaria sebelumnya: umpan directlangsung ke depan. Umpan tersebut dilepaskan dari belakang dan diterima oleh Laszlo Kleinheisler di sepertiga akhir lapangan. Kleinheisler kemudian melepaskan umpan terobosan kepada Szalai, yang menerobos masuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan datar untuk membobol gawang Austria.

Pada menit ke-65, Austria sempat membobol gawang Hongaria lewat sepakan Martin Hinteregger. Tetapi, gol tersebut dianulir lantaran wasit Clement Turpin melihat telah terjadi pelanggaran lebih dulu.

Pelanggaran tersebut dilakukan oleh Aleksandar Dragovic terhadap Tamas Kadar. Dragovic, yang sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning di babak pertama, pun kembali diacungi kartu kuning oleh Turpin. Alhasil, ia pun diusir keluar dari lapangan dan Austria harus bermain dengan 10 orang.

Dengan kekurangan satu pemain, Austria masih berani menekan pertahanan Hongaria. Namun, usaha keras mereka itu akhirnya menjadi bumerang. Pada menit ke-86, Austria terpukul oleh serangan balik Hongaria.

Hongaria sukses memanfaatkan banyaknya pemain Austria yang naik ke area lapangan mereka. Serangan balik itu diselesaikan dengan baik oleh Zoltan Stieber, yang baru masuk di menit ke-79 menggantikan Kleinheisler. Dengan cerdik, Stieber melepaskan sepakan lob melewati Almer dan membawa Hongaria unggul 2-0.

Skor 2-0 tersebut bertahan sampai pertandingan berakhir dan ini jadi start bagus Hongaria yang sudah lama absen dari Piala Eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*