Swiss Taklukkan Albania 1-0

Swiss Taklukkan Albania 1-0

Jadwal Piala Euro 2016 – Swiss membuka kiprahnya di Piala Euro 2016 dengan kemenangan Menghadapi Albania yang menuntaskan laga minus satu pemain, Swiss menang tipis 1-0.

Pada laga Grup A yang di helat di Stade Felix-Bollaert, Lens, Sabtu 11/06/2016 malam WIB. Swiss membuka keunggulan di menit kelima lewat gol Fabian Schar.

Albania sendiri harus kehilangan kapten Lorik Cana yang mendapat dua kartu kuning di menit ke-36.

Secara jalannya pertandingan, Swiss dominan dengan 56% ball possesion dengan 15 attempts dan tujuh di antaranya on goal. Sementara itu, Albania punya tujuh Attemps meski hanya dua tepat sasaran.

Tiga poin ini membuat Swiss menguntit Prancis di posisi kedua. Sementara Albania di posisi terbawah grup.

Jalannya Pertandingan

Baru lima menit laga berjalan, Swiss sudah membuka keunggulan lewat gol bek tengahnya, Fabian Schar. Korner Xherdan Shaqiri mengarah ke tengah kotak penalti, Schar mendahului kiper Albania, Etrit Berisha, untuk menanduk bola ke gawang Albania.

Swiss memang langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal. Korner yang berujung gol itu juga lahir dari peluang Granit Xhaka semenit sebelumnya. Sepakan Xhaka yang mengarah ke gawang diblok pemain lawan dan keluar lapangan.

Swiss mendapat peluang lagi di menit ke-15 tapi tembakan Haris seferovic terlalu lemah dan mampu di tangkap dengan baik oleh Berisha.

Peluang terbaik Albania hadir di menit ke-31 Mendapat bola daerah dari lini lapangan permainan sendiri, Armando Sadiku mampu lolos dari pengawalan dua pemain Swiss. Sayang, ketika tinggal berhadapan dengan Yann Sommer, tembakan Sadiku masih mengenai kaki kiper Swiss itu.

Lima menit kemudian bencana untuk Albania datang ketika mereka harus bermain minus satu pemain, usai kaptennya Lorik Cana di Kartumerah karena melakukan handball di depan kotak penalti.

Swiss mendapat free kick dari jarak dekat tapi sepakan Blerim Dzemaili menerpa tiang kiri gawang Berisha.

Dzemaili kembali membuang kansnya bikin gol di menit ke-39 ketika dia bebas menerima umpan Stephan Lichtsteiner. Meski demikian, sepakannya menyamping. Hingga turun minum, Swiss tetap memimpin 1-0

Masuk di babak kedua, Swiss masih mendominasi permainan. Di menit ke-52 umpan terobosan Xhaka mampu menemui Seferovic di kotak penalti, tapi sepakan kaki kirinya masih bisa dihadang oleh Berisha.

Di menit ke-66 Seferovic kembali membuang peluang lewat sebuah serangan balik. Mendapat bola daerah dari Breel Embolo. Seferovic mampu masuk ke kotak penalti tapi sepakan jarak dekatnya masih diblok tapak sepatu Berisha.

Albania punya kans emas menyamakan skor di menit ke-76. Lagi-lagi sadiku berada dalam posisi bebas untuk melepaskan tembakan usah mendapat umoan Elseid Husaj, tapi bola hasil sepakan Sadiku malah menyasar sisi kiri gawang.

Albania meski bermain 10 orang masih mampu merepotkan Swiss lewat serangan balik, terutama dari sisi sayap dan bola-bola panjang. Sementara Swiss kerap hilang bola di sepertiga akhir lapangan meski mampu menguasai pertandingan.

Sommer! Kiper Swiss itu melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-86 dan menghindarkan timnya dari kebobolan. Pemain Albania, Shkelzen Gashi, lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Sommer, namun bola bisa ditepis  dengan tangan kanannya.

Hingga laga selesai, Swiss masih mempertahankan keunggulan dengan skor 1-0.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*