Piala Eropa 2020 : Pesta di 13 Kota di 13 Negara

Piala Eropa 2020 : Pesta di 13 Kota di 13 Negara

Jadwal Piala Euro 2016 – Gelaran Piala Eropa 2016 sudah selesai. Untuk edisi berikutnya, di tahun 2020, pesta sepakbola dibenua biru itu akan berlangsung di banyak kota dan negara.

Pengkukuhan Portugal menjadi juara menjadi tanda pesta sepakbola negara-negara dibenua biru tahun ini sudah rampung. Mereka menjadi negara ke-10 yang menobatkan diri menjadi juara Piala Eropa.

Di babak final, Portugal mengandaskan perlawanan Prancis. Di Stade de France, Senin 11/07/2016 dinihari WIB, Eder menjadi penentu kemenangan Portugal dengan gol yang dilesakkan disaat babak kedua extra time.

Selepas Prancis tahun ini, Piala Eropa akan berlangsung empat tahun lagi. EUFA sudah memutuskan diawal tahun 2013 lalu bahwa tuan rumah gelaran Piala Eropa ke-16 ini akan berlangusng di 13 kota di 13 negara.

Tujuan berlangsungnya pertandingan di banyak negara itu guna memberi kesempatan lebih besar untuk negara-negara kecil menjadi tuan rumah turnamen besar.

Di Januari 2013 silam, EUFA sudah menentukan kota-kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020. Brussels ( Belgia ), Copenhaen ( Denmark ), Dublin ( Rep.Irlandia ), Amsterdam ( Belanda ), Burcharest ( Rumania ), Glasgow ( Skotlandia ), dan Bilbao ( Spanyol ) akan menggelar pertandingan pertandinganfase grup dan babak 16 besar.

Sementara itu, Saint Petersburg (Rusia), Roma (Italia), Munich (Jerman), dan Baku (Azerbaijan), bakal menggelar pertandingan fase grup dan perempatfinal.

Sedangkan untuk pertandingan final dan semifinal Piala Eropa akan dihelat di London, Inggris, tepatnya di Wembley. Tak seperti perhelatan sembelumnya, tim tuan rumah tak otomatis lolos di ajang kali ini.

Babak kualifikasi akan dilakoni oleh 55 negara untuk memperebutkan 24 tempat di putaran final. Mereka akan dibagi ke dalam 10 grup. Enam grup akan diisi oleh sebanyak lima tim, dan empat grup akan diisi oleh enam tim.

Juara dan runner-up grup di babak kualifikasi akan memastikan satu tempat di putaran final. Untuk memberi kesempatan negara kecil agar bisa lolos ke putaran final, UEFA memutar kompetisi UEFA National League. Kompetisi itu merupakan turnamen untuk mengisi kalender FIFA sekaligus mengangkat gengsi laga persahabatan antarnegara Eropa. Dari kompetisi itu, nantinya ada empat tim yang akan lolos dari ke babak play-off kualifikasi Piala Eropa 2020.

Babak play-off akan diikuti oleh 16 tim, empat di antaranya berasal dari kompetisi UEFA Nations League. Semua tim itu akan dibagi lagi menjadi empat grup, hanya peringkat pertama masing-masing grup yang akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*