Pertemuan Southampton Vs Manchester City 1 Mei 2016

Sebuah Pilihan Dilematis harus dibuat Manuel Pellegrini pada akhir pekan ini. Ia harus memilih prioritas antara pertandingan leg kedua Liga Champions tengah pekan depan atau pertandingan krusial lainnya kontra Southampton di pekan ke 35 Premier League yang jatuh pada hari Minggu malam nanti.

Dua laga ini merupakan laga yang sama-sama krusial. Pasalnya pada leg pertama Semifinal Liga Champions di Etihad Stadium berakhir tanpa pemenang dengan skor 0-0. Demi mewujudkan mimpi mereka untuk lolos ke partai final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah, maka mereka harus menyimpan atau setidaknya memainkan pilar-pilar utama mereka dalam waktu singkat kontra Southampton pada akhir pekan nanti.

Jika skema itu jadi dilakukan Pellegrini, maka The Citizens diprediksi akan kesulitan saat berhadapan dengan Southampton. Pasalnya Southampton bukanlah tim yang bisa dikalahkan dengan pemain lapis dua The Citizens. Belum lagi jika mereka kalah kontra The Saints pada akhir pekan ini maka posisi mereka berpotensi melorot ke peringkat empat dan semakin dekat dalam jangkauan kejaran tetangga mereka, Manchester United yang berada di peringkat kelima. Jika mereka menurunkan pemain inti mereka pada laga ini, maka pilar-pilar utama The Citizens akan kelelahan saat laga tandang ke Bernabeu. Untuk itu Pellegrini harus memilih prioritas jelang dua laga penting ini.

Menjelang dua laga penting ini, sejatinya skuat Manchester City tidak mengalami masalah cedera yang cukup berarti. Akan tetapi dua pilar utama mereka, Yaya Toure dan David Silva mendapat cedera pekan lalu dan dipastikan tidak bisa turun baik di Bernabeu dan di Saint Mary Stadium. Akan tetapi kondisi Samir Nasri dikabarkan sudah semakin membaik pasca cedera beberapa waktu yang lalu, kendati kondisinya masih diragukan bisa dimainkan di markas Southampton pada akhir pekan nanti.

Pada laga kontra Southampton ini, Manuel Pellegrini diprediksi akan memberlakukan taktik yang ia gunakan saat menghadapi Stoke City minggu lalu, yakni ia hanya memainkan pilar-pilar utamanya hingga awal babak kedua saja. Dengan formasi 4-4-2, Kelechi Iheanacho akan diutus untuk menemani Sergio Aguero di Lini serang The Citizens. Di lini tengah, ada Fabian Delph yang akan berduet dengan Fernando sedangkan di posisi sayap ada Jesus Navas di sisi kanan dan Fernandinho di sisi kiri sebagai opsi jika Samir Nasri tidak bisa tampil pada laga ini.

Di kubu tuan rumah, anak asuh Ronald Koeman juga berada dalam kondisi yang nyaris sempurna jelang kedatangan Manchester City ke Saint Mary Stadium. Tercatat hanya Charlie Austin satu-satunya pemain The Saints yang absen karena cedera, selain Austin semua pemain Soouthampton siap untuk menjegal The Citizens pada akhir pekan nanti.

Dengan formasi 4-2-3-1, Ronald Koeman kemungkinan besar akan memasang Shane Long sebagai striker tunggal setelah pada pekan lalu ia membuat Brace ke gawang Aston Villa. Kembalinya Jay Rodriguez dari cedera membuatnya akan dimainkan di belakang Long yang diapit oleh dua winger cekatan Saido Mane dan Dusan Tadic. Sedangkan di lini pertahanan, ada duet tangguh Jose Fonte dan Virgil van Dijk yang siap menjaga pertahanan dan gawang The Saints yang dikawal Fraser Forster.

Southampton (4-2-3-1): Forster; Bertrand, van Dijk, Fonte, Soares; Wanyama, Romeu; Tadic, Rodriguez, Mane; Long

Manchester City (4-4-2): Hart; Clichy, Otamendi, Kompany, Sagna; Fernandinho, Delph, Fernadno, Navas; Aguero, Iheanacho

Head to Head
28-11-2015  Manchester City  3 – 1  Southampton (Premier League)
24-05-2015  Manchester City  2 – 0  Southampton (Premier League)
30-11-2014  Southampton  0 – 3  Manchester City (Premier League)
05-04-2014  Manchester City  4 – 1  Southampton (Premier League)
07-12-2013  Southampton  1 – 1  Manchester City (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Southampton (M-K-M-S-M)
20-03-2016  Southampton  3 – 2  Liverpool (Premier League)
03-04-2016  Leicester City  1 – 0  Southampton (Premier League)
09-04-2016  Southampton  3 – 1  Newcastle United (Premier League)
16-04-2016  Everton  1 – 1  Southampton (Premier League)
23-04-2016  Aston Villa  2 – 4  Southampton (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Manchester City (M-M-S-M-S)
13-04-2016  Manchester City  1 – 0  Paris Saint Germain (Liga Champion)
16-04-2016  Chelsea  0 – 3  Manchester City (Premier League)
20-04-2016  Newcastle United  1 – 1  Manchester City (Premier League)
23-04-2016  Manchester City  4 – 0  Stoke City (Premier League)
27-04-2016  Manchester City  0 – 0  Real Madrid (Liga Champions)

Laga ini diprediksi menjadi laga berat bagi kedua tim. Pasalnya kedua tim sama-sama menampilkan sepakbola menyerang, sehingga pertandingan yang digelar Saint Mary Stadium ini akan berjalan dengan intensitas tinggi.

Pemenang pada laga ini akan ditentukan dari faktor konsistensi dan motivasi. Secara konsistensi, Manchester City masih jauh lebih bagus dari The Saints yang masih kesulitan mencari bentuk di beberapa pekan terakhir. Selain itu secara motivasi, anak asuh Manuel Pellegrini sangat berambisi untuk menang demi mengamankan satu tempat di zona Liga Champions, sedangkan Southampton sedikit sulit untuk masuk ke zona Eropa karena ada selisih enam poin dan beberapa pertandingan penting di sisa musim ini, sehingga mereka bisa dikatakan bermain tanpa tekanan pada laga ini

Jadwalpialaeuro.com memprediksi laga ini akan berakhir dengan kemenangan tipis tim tamu Manchester City dengan skor akhir 1-0.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*