Pemain Yang Mengoleksi Medali Piala Eropa Terbanyak Sepanjang Masa

Pemain Yang Mengoleksi Medali Piala Eropa Terbanyak Sepanjang Masa

Jadwalpialaeuro.com – Nama Rainer Bonhof mungkin tidak cukup familiar bagi para pecinta sepakbola, khususnya sepakbola Eropa. Legenda klub Bundesliga Borussia Monchengladbach ini memang tidak pernah tampil menonjol kendati ia menjadi bagian dari masa kejayaan Monchengladbach saat Die Fohlen merajai Bundesliga pada tahun 1971 dan juara tiga kali beruntun 1975-1877. Namun Bonhof memiliki sebuah catatan rekor yang belum dipecahkan oleh pemain manapun hingga hari ini, yaitu pemain yang paling banyak memenangkan medali final Euro sepanjang masa

Bonhof seperti yang sudah kami tulis di atas, memulai karir profesionalnay di Borussia Monchengladbach pada tahun 1970. Berkat penampilan solidnya membawa Die Fohlen menjuarai Bundesliga pada musim 1970/1971, pelatih Timnas Jerman Barat pada saat itu, Helmut Schon memberinya kesempatan untuk melakoni debut di Timnas Senior Jerman barat pada tahun 1972.

Ia menjadi satu dari tiga pemain muda yang dibawa Pelatih Schon di Euro 1972 bersama dengan Uli Hoeneb dan Paul Breitner. Pada Partai Final Euro 1972 ia menjadi pemain cadangan saat Jerman mengandaskan Uni Soviet dengan skor 3-0 berkat brace Gerd Muller dan gol tunggal Herbert Wimer. Berkat penampilannya yang konsisten bersama Monchengladbach, Bonhof kembali dipanggil oleh Helmut Schon ke Euro 1976. Namun bedanya kali ini, Bonhof sudah menjadi bagian dari tim inti Jerman Barat.

Pada Euro 1976, ia kembali membawa Jerman Barat ke partai final setelah mengalahkan Yugoslavia di semifinal. Di babak final Der Panzer harus berhadapan dengan Cekoslovakia, di mana hingga 120 menit tidak ada pemenang setelah skor sama kuat 2-2. Pada babak adu penalti, Bonhof yang ditunjuk sebagai eksekutor pertama Jerman sukses melakukan tugasnya dengan baik. Namun sayang rekannya, Uli Hoeneb gagal melakukan tugas, sehingga Cekoslovakia keluar sebagai pemenang dengan tendangan penalti sensasional Antonin Panenka.

Setelah kegagalan Der Panzer di piala dunia 1978, Helmut Schon mengundurkan diri dan digantikan oleh Jupp Derwall. Meski terjadi pergantian pelatih, Bonhof masih mendapat tempat di timnas Jerman Barat pada ajang Piala Dunia 1980. Akan tetapi ia tidak menjadi pilihan utama Jupp Derwall dan ia tidak diturunkan pada partai final kontra Belgia, kendati ia berada di bangku cadangan.

Meski hanya bermain di Final Euro 1976, hingga hari ini Bonhof menjadi pemilik medali Final Euro terbanyak sepanjang sejarah dengan rincian dua medali juara dan satu medali runner up.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*