Messi Cetak Gol Ke-500, tetapi Barcelona Kalah di Camp Nou

Jadwalpialaeuro.com – FC Barcelona secara mengejutkan kalah 1-2 saat menjamu Valencia dalam lanjutan Primera Division La Liga – kasta teratas Liga Spanyol – di Camp Nou, Minggu (17/4/2016) atau Senin dini hari WIB.

Valencia menang berkat gol bunuh diri Ivan Rakitic (26′) dan sepakan Santi Mina (45′). Adapun Barcelona hanya bisa memperkecil kedudukan melalui gol ke-500 Lionel Messi sepanjang kariernya, pada menit ke-63.

Dengan demikian, persaingan meraih gelar La Liga kembali ketat. Sebab, pada hari yang sama, Atletico Madrid sanggup meraih kemenangan 3-0 atas Granada. Atletico kini mengemas poin serupa dengan Barcelona, yakni 76 poin. Hanya saja, Barcelona masih duduk di puncak klasemen karena lebih unggul produktivitas gol. Sementara itu, kemenangan ini mengangkat Valencia ke peringkat ke-12 dengan perolehan 40 poin.

Pada laga kontra Valencia, Barcelona diperkuat oleh sejumlah pemain andalannya, termasuk trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Mereka pun mendominasi jalannya laga. Akan tetapi, terlalu asyik menyerang membuat Barcelona lengah. Alhasil, pada menit ke-26, Valencia mampu membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Rakitic.

Gol tersebut berawal dari serangan balik. Sepakan Guilherme Siqueira dari sudut sempit di sisi kiri membentur kaki Rakitic dan masuk ke gawang Claudio Bravo. Tertinggal 0-1 membuat Barcelona meningkatkan intensitas serangan. Namun, bukan gol penyama kedudukan yang didapat, tetapi justru gawang mereka kembali kebobolan.

Kali ini giliran Santi Mina yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan lemahnya pertahanan El Barca, Dani Parejo menyodorkan bola yang diteruskan dengan baik oleh Santi Mina. Memasuki babak kedua, Barcelona masih menguasai pertandingan. Hasilnya, pada menit ke-63, Messi sukses memperkecil kedudukan menjadi 2-1 setelah mampu meloloskan diri dari rapatnya pertahanan Valencia.

Gol itu menjadi yang ke-500 bagi Messi sepanjang karier profesionalnya. Ia membukukan 450 gol untuk Barcelona, dan sisanya saat berseragam tim nasional Argentina. Pada sisa waktu laga, Barcelona berupaya keras agar terhindar dari kekalahan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tambahan. Ini menjadi kekalahan ketiga secara beruntun bagi Barcelona di kancah La Liga. Sebelumnya, Messi dkk ditumbangkan oleh Real Madrid dan Real Sociedad.

Barcelona memang masih memimpin klasemen sementara dengan torehan 76 poin dari 33 laga. Namun, mereka kini cuma unggul selisih gol dan head-to-head atas Atletico Madrid.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*