Kecepatan Timnas Inggris dan Taktik Jeniusnya

Kecepatan Timnas Inggris dan Taktik Jeniusnya

Jadwal PialaEuro – Minggu (27/3), timnas Inggris tampil sangat militan dan juga spartan dengan menundukkan juara dunia timnas Jerman dengan skor 2-3 pada Olympia Stadion, Berlin. Tertinggal sebanyak dua gol lebih dahulu, disusul oleh cedera Jack Butland menjelang gol Toni Kroos pada penghujung pertandingan babak pertama, Inggris mampu bangkit kembali dan berusaha menyusul ketinggalan dengan gol dari Harry Kane dan juga Jamie Vardy, sebelum memenangi laga pertandingan melalui sundulan Eric Dier pada penghujung laga.

LONDON, ENGLAND - MARCH 27: Harry Kane of England looks on during the EURO 2016 Qualifier between England and Lithuania at Wembley Stadium on March 27, 2015 in London, England. (Photo by Michael Regan - The FA/The FA via Getty Images)

Kemenangan pada laga ini hanya terjadi dalam sebuah laga pertandingan persahabatan memang, tapi momentum ini jugalah adalah saat yang pas untuk menilai persiapan timnas Inggris dalam pertandingan menjelang Piala Eropa 2016 nanti di Prancis.

Ada beberapa poin yang perlu kita lihat dari kemenangan pertandingan ini, terutama, bagaimana timnas Inggris dan juga Roy Hodgson tampil begitu bagus dan sangat tajam ketika menyerang dengan kemampuan kecepatan.

Ada beberapa lubang pada lini belakang, sedikit bisa kita maklumi karena kuartet beknya pun merupakan komposisi yang masih baru. Danny Rose baru saja memulai debut pertamanya. Duet dari Chris Smalling dan Gary Cahill juga masih jarang bertandem di timnas Inggris, biasanya, Hodgson lebih memilih memainkan duet Phil Jagielka dan juga John Stones juga dengan sistem rotasi.

Ditambah lagi, Inggris sedang mengalami krisis kiper untuk saat ini. Tetapi ada dua hal cukup penting yang bisa disoroti dari kemenangan timnas Inggris atas timnas Jerman akhir pekan kemarin adalah kecepatan permainan dan fleksibelnya dalam formasi di atas lapangan.

Terlepas dari tidak adanya Wayne Rooney dan juga kontroversi dengan dipanggilnya seorang pemain Theo Walcott, sesuatu yang memang patut diberi kredit yang penting adalah kemampuan timnas Inggris dalam mengubah strategi pada tim pada saat transisi dari menyerang dan juga bertahan. terutama, kemampuan brilian dari timnas Inggris dalam mengeksploitasi strategi seperti sisi kanan timnas Jerman yang pos bek kanannya yang di jaga oleh Emre Can.

Ketika diberikan posisi di bek kanan, tentu saja hal itu menjadi sia-sia. Dan itu yang dimanfaatkan dengan baik oleh pasangan Danny, Rose dan juga Welbeck. Selain dari itu, ada beberapa hal lain penting yang juga asyik untuk dicermati sebagai bekal dalam menikmati timnas Inggris di pertunjukan Piala Eropa pada pertengahan tahun nanti.

  • Kecepatan

Harry+Kane+France+v+England+xot3YwSivqul

Dalam permainan ini kecepatan tidak akan berguna sama sekali pada permainan sepak bola jika dieksekusi tanpa adanya taktik yang pas dan juga momen yang tepat. Tetapi, pada era saat ini, dalam skuat timnas Inggris di proyeksi Piala Eropa ini, kecepatan bisa saja menjadi senjata yang mematikan yang akan menyengat lawan dengan cukup keras. Salah satu yang telah menjadi buktinya, adalah gol dari backheel Jamie Vardy yang bermula tusukan Nathaniel Clyne pada sisi kiri pertahanan timnas Jerman.

  • Taktikal

Untitled-1q-7

Pada saat melawan timnas Jerman, Inggris memainkan pertandingan dengan formasi dasar yaitu 4-2-3-1, satu formasi yang cukup umum yang dipakai oleh hampir sebagian besar dari tim pada Liga Inggris. Tapi ada yang lebi menarik, dalam beberapa kali percobaan serangan, terutama ketika serangan balik, timnas Inggris akan bertransisi menjadi 4-4-2 dan juga menampilkan skema serangan balik khas Leicester City pada musim ini tapi mereka menggunakan pendekatan taktikal khas Diego Simeone pada Atletico Madrid. Ya, ini tentunya menjadi strategi cemerlang dari dua club raksasa yang di jadikan satu dan bisa saja menjadi senjata mematinkan untuk tim yang akan melawan mereka di lapangan nanti.

Kesimpulan dari penjelasannya adalah, timnas Inggris pada kali ini memiliki banyak sekali modal yang bisa memberikan efek kejut yang cukup maksimal pada Piala Eropa nanti. Para pemain ini hanya perlu untuk mempertahankan level dari permainan mereka pada liga dan juga fokus untuk menjaga kondisi tubuh mereka jelang turnamen Piala Eropa.

Pada level Eropa, ada beberapa tim yang dengan kapabilitas taktik yang menarik dan komposisi skuat yang juga sangat baik seperti timnas Jerman, Italia dan juga Spanyol. Tetapi, dengan kemampuan dari taktikal yang baik dan juga diekseskusi dengan tepat, kecepatan dari anak-anak muda Britania ini bisa saja memberi dongeng yang teramat baik bagi masyarakat Inggris pada Piala Eropa tahun ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*