Jerman Taklukkan Ukraina 2-0

Jerman Taklukkan Ukraina 2-0

Jadwal Piala Euro 2016 – Jerman memulai kiprahnya di Piala Eropa dengan sempurna. Jerman memetik kemenangan 2-0 atas Ukraina dalam pertandingan pertama mereka di Grup C.

Jalannya Pertandingan

Usai kick off, Jerman langsung berupaya menyerang. Mario Goetze mencoba melepaskan tembakan, namun masih bisa diblok. Bola liar kemudian disambar oleh Julian Draxler di dalam kotak penalti, tapi sepakannya itu masih melebar dari gawang.

Ukraina nyaris mengejutkan Jerman di menit kelima. Yevhen Konoplyanka melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke arah pojok kanan atas gawang. Tapi Manuel Neuer masih sigap menepis bola.

Ukraina bertahan cukup dalam. Sementara itu, Jerman terus berupaya menekan.

Di menit ke-19, Jerman mendapat tendangan bebas di sisi kanan menyusul pelanggaran terhadap Thomas Mueller. Toni Kroos mengirim bola ke kotak penalti dan diteruskan oleh Shkodran Mustafi dengan sundulan yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Ukraina. Jerman memimpin 1-0 atas Ukraina.

Neuer kembali melakukan penyelamatan bagus di menit ke-27. Dia menepis tandukan terarah Yevhen Khacheridi yang meneruskan sepak pojok Konoplyanka.

Sami Khedira nyaris menggandakan keunggulan Jerman di menit ke-29. Menerima umpan lambung dari Kroos, Khedira yang berlari menuju kotak penalti kemudian melepaskan tembakan. Tapi sepakannya itu masih mengarah ke Andriy Pyatov.

Di menit ke-38, Ukraina hampir menjebol gawang Jerman. Umpan Andriy Yarmolenko disambut oleh Konoplyanka yang luput dari kawalan lini belakang Jerman. Bola sempat membentur Jerome Boateng dan nyaris bergulir ke gawang. Tapi Boateng langsung menghalaunya tepat di garis gawang.

Ukraina sempat mencetak gol di menit ke-40. Dari sisi kiri, Konoplyanka mengirim umpan yang dibelokkan oleh Fedetskiy ke arah Yarmolenko. Nama yang disebut terakhir kemudian menceploskan bola ke dalam gawang. Tapi gol tersebut dianulir karena Fedetskiy lebih dulu berada dalam posisi offside.

Sampai babak pertama tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Jerman tetap bertahan.

Jerman mendapat peluang lebih dulu di awal babak kedua. Draxler melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Tapi Pyatov bisa menebak arah bola dengan tepat dan menepisnya.

Di menit ke-53, giliran Kroos yang melakukan percobaan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun upayanya itu tipis mengenai sudut mistar gawang.

Ukraina mulai berani menekan. Namun mereka juga tetap bertahan dengan baik.

Di menit ke-57, Ukraina mendapat tendangan bebas. Yaroslav Rakitskiy mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Jerman. Lagi-lagi Neuer melakukan penyelamatan bagus dengan menghalau bola tendanganbebas Rakitskiy.

Jerman sabar dalam membangun serangannya. Sampai di depan kotak penalti Ukraina, Khedira melepaskan tembakan. Tapi Pyatov masih bisa menepisnya.

Jerman terus menekan Ukraina. Diawali dari Khedira, dia mengoper bola kepada Hoewedes yang ada di sisi kanan. Hoewedes kemudian melepaskan crossing yang disambut sundulan Draxler, tapi masih menyamping dari gawang.

Serangan Ukraina di menit ke-75 patah setelah Mustafi mampu merebut bola dari kaki Yarmolenko. Dari sana, serangan balik Jerman bermula. Serangan tersebut diakhiri dengan tembakan Mueller dari depan kotak penalti. Tapi Pyatov bereaksi dengan baik untuk menghalau bola.

Andre Schuerrle gagal menambah keunggulan Jerman di menit ke-82. Tendangannya masih menyamping dari gawang Ukraina.

Enam menit kemudian, peluang emas juga didapat Jerman lewat Mesut Oezil yang menerima umpan terobosan dari Kroos. Tapi dia gagal memaksimalkannya kendati tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Pyatov. Tembakannya justru mengarah tepat ke badan Pyatov.

Tak lama berselang, kesalahpahaman antara Mustafi dan Neuer nyaris membahayakan gawang Jerman. Mustafi berupaya menyundul bola ke arah Neuer padahal kiper Jerman itu sudah telanjur keluar dari sarangnya. Beruntun bagi Jerman, Boateng bisa menyapu bola.

Kemenangan Jerman akhirnya dikunci oleh Bastian Schweinsteiger yang baru dimasukkan di menit ke-90. Dari sebuah serangan balik, Oezil bergerak dari sisi kiri dan mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Di sana ada Schweinsteiger yang tak terkawal yang langsung menyambar bola untuk membawa Jerman menang 2-0.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*