Hasil Belanda vs Rep Ceko Euro 2016

Berita Euro 2016 – Hasil kualifikasi Euro 2016 – Belanda vs Ceko disudahi dengan skor 2-3. Tiga gol beruntun Pavel Kadeřábek, Josef Šural, dan bunuh diri Robin Van Persie mengubur mimpi Oranje merebut tiket ke Prancis. Belanda gagal menembus Piala Eropa 2016 meski Ceko bermain 10 orang sejak kartu merah Marek Suchy dalam laga di Amsterdam ArenA pada Rabu (14/10/2015).

Ini adalah catatan terburuk Belanda sejak gagal lolos ke Euro 1984. Tampil di kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A, tim yang mampu menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2014 ini hanya sukses mengumpulkan 13 poin pada Piala Eropa 2016. Belanda kalah dari Republik Ceko dan Islandia yang otomatis lolos ke Prancos, dan Turki, yang berhak atas tiket play off. Turun dengan formasi 4-3-3 dan memasang Anwar El Ghazi bersama Klaas Jan Huntelaar serta Memphis Depay, Belanda tampil buruk di paruh pertama, terutama di zona pertahanan yang mudah terkoyak. Menit 24, umpan Jiří Skalákmembuka ruang untuk Pavel Kaderabek, sang bek kanan yang melepaskan tembakan emas yang menjebol gawang Jeron Zoet.

Mimpi buruk Belanda berlanjut sebelas menit kemudian. Umpan jitu Tomáš Necid, diterima oleh Josef Sural. Ia mengecoh Virgil Van Dijk dan menciptakan ruang tembak ke arah Zoet. Dengan dingin, sang sayap kiri menembak ke sudut dekat gawang Belanda, dan memperlebar jarak pada Piala Euro 2016. Sempat ada harapan ketika Depay yang terbebas di luar areal penalti lawan, diganjal keras oleh Marek Suchy. Tidak ada alasan wasit untuk mempertahankan sang bek Ceko, yang menerima kartu merah langsung. Tim tamu bermain 10 orang, pelatih Danny Blind memasukkan Robin Van Persie untuk membuat Belanda tampil dengan empat penyerang.

Namun, ketajaman tuan rumah terus dipertanyakan. Sebaliknya, sebuah gol bersarang lagi untuk tim tamu. Tendangan bebas Jiri Skalak justru ditanduk Robin Van Persie ke gawangnya sendiri di Piala Eropa 2016. Selang empat menit, Wesley Sneijder menciptakan assist untuk gol Huntelaar, tetapi semuanya serba terlambat untuk tuan rumah. Meskipun Van Persie memperbaiki kesalahan dengan gol di menit 83, kekalahan 2-3 tidak bisa dihindarkan. Dan Oranje yang sepanjang kualifikasi tumbang lima kali memang tidak layak berangkat ke Prancis.

Gol: Klaas Jan Huntelar 70, Robin Van Persie 83/ Pavel Kadeřábek 24, Josef Šural 35, Robin Van Persie 66 b.d.

Belanda (4-3-3): Zoet; Tete, Bruma, Van Dijk (Dost 64), Riedewald (Van Persie ’39); Blind, Wijnaldum, Sneijder; El Ghazi (Lens 69), Huntelaar, Memphis

Republik Ceko (4-5-1): Čech, Kadeřábek, Kadlec, Gebre Selassie, Suchý, Skalák, Pavelka, Plašil (Škoda 85), Darida, Necid (Procházka ’46), Šural (Kalas 71)0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*