Gol Tunggal Nainggolan Menangkan Roma atas Napoli

Jadwalpialaeuro.com – AS Roma memetik poin penuh kala menjamu Napoli. Roma menang 1-0 berkat gol dari Radja Nainggolan.

Pertandingan antara Roma dan Napoli di Stadion Olimpico, Senin (25/4/2016) malam WIB, berjalan cukup berimbang. Kendati demikian, Napoli lebih banyak menciptakan peluang yang membahayakan gawang Roma. Wojciech Szczsesny melakukan sejumlah penyelamatan bagus untuk menghindarkan gawang Roma dari kebobolan.

Sementara itu, Roma kerap kesulitan menembus pertahanan Napoli yang tampil kukuh sepanjang laga. Baru di menit ke-89, Roma memecah kebuntuan lewat tendangan Nainggolan.

Dengan hasil ini, Roma memangkas jarak dengan Napoli yang ada di posisi kedua. Giallorossi mengumpulkan 71 poin dari 35 laga dan hanya berjarak dua angka dari Napoli.

Sementara itu, Napoli dipastikan tak bisa lagi mengejar Juventus yang punya 85 poin. Kekalahan Napoli berarti gelar scudetto untuk Bianconeri.

Jalannya Pertandingan

Roma menguasai permainan di menit-menit awal pertandingan. Namun tim tuan rumah tak menciptakan banyak peluang yang membahayakan gawang Pepe Reina.

Peluang pertama didapat Napoli di menit ke-23. Dries Mertens menggiring bola hingga ke depan kotak penalti lalu melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Sepakan Mertens mengarah ke gawang, tapi bola bisa diamankan oleh Wojciech Szczesny.

Dua menit kemudian, serangan Napoli kembali berhasil menembus pertahanan Roma. Mertens mengirim umpan terobosan kepada Jose Callejon yang bergerak dari sisi kanan. Callejon kemudian masuk ke kotak penalti dan melepskan tembakan yang merobek jala gawang Roma. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena Callejon lebih dulu terjebak offside.

Gonzalo Higuain nyaris membuka keunggulan Napoli di menit ke-29. Menerima umpan panjang dari Jorginho, Higuain mengontrol bola dengan baik dan mampu melepaskan tembakan dari jarak dekat meski dikawal Rudiger dan Ervin Zukanovic. Namun Szczesny melakukan penyelamatan bagus untuk memblok sepakan Higuain.

Serangan Napoli lebih efektif dalam menghasilkan peluang. Jelang berakhirnya babak pertama, tim tamu kembali mendapatkan kesempatan untuk bikin gol. Kerjasama antara Higuain dan Mertens membuka ruang bagi Marek Hamsik untuk melepaskan tembakan. Tapi sepakan gelandang asal Slovakia itu masih melambung di atas gawang Roma.

Sampai babak pertama usai, skor 0-0 tak berubah.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berjalan cukup berimbang. Tempo permainan lantas sedikit melambat.

Serangan Roma di menit ke-61 sempat mengancam pertahanan Napoli. Namun umpan Maicon dari sisi kanan hanya bergulir di depan gawang dan tak ada pemain Roma yang menyambutnya.

Empat menit berselang, giliran Napoli yang menciptakan peluang. Higuain yang mampu melepaskan diri dari Zukanovic kemudian mengirim bola kepada Mertens yang bebas di sisi kiri. Mertens melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi masih melebar dari gawang.

Napoli terus mengancam pertahanan Roma. Sebuah umpan dari sisi kiri pertahanan Roma menghadirkan kemelut di dalam kotak penalti, Namun Higuan mencoba memanfaatkan bola liar , namun dihalangi oleh Maicon yang mencoba mengoper bola kepada Szczesny. Kiper asal Polandia itu nyaris menangkap bola backpass, namun segera menghalaunya dengan kaki.

Ketika di menit ke-83, Napolo kembali mendapatkan peluang emas. Higuan berhasil menembus pertahanan Romam tapi upayanya kemudian di gagalkan oleh Szczesny. Bola muntah jatuh ke kaki Hamsik yang harusnya tinggal menendang bola kedalam gawang yang sudah kosong. Namun tekel Rudiger membuat bola sepakan Hamsik melebar.

Kebuntuan akhirnya terpecah satu menit menjelang pertandingan usai. Ternyata Nainggolan yang mencetak Gol untuk Roma. Gol ini berawal dari Francesco Totti yang mengangkat bola ke dalam kotak penalti. Bola jatih ke Pjanic yang langsung megoper ke Salah. Pemain asal mesir itu kemudan mengirim bola kepada Nainggolan yang beridir di depan kotak Penalti dan langsung melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan gawang Napoli.

Keunggulan 1-0 untuk Roma bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*