Gol Payet di Menit Terakhir Membawa Prancis Menang atas Rumania

Gol Payet di Menit Terakhir Membawa Prancis Menang atas Rumania

Jadwal Piala Euro 2016 – Prancis membuka kiprahnya di Piala Eropa dengan kemenangan 2-1 atas Rumania. Dimitri Payet jadi pahlawan untuk Prancis lewat golnya di menit-menit akhir laga.

Jalannya Pertandingan 

Setelah mekakukan Kick-off, Prancis langsung mengambil inisiatif menyerang. Namun upaya Prancis itu tidak terlalu membahayakan gawang rumania. Gawang Prancis justru nyaris kebobolan di menit keempat. Dari sebuah sepak pojok. bola di belokkan dan jatuh ke kaki Bogdan Stancu yang ada di depan gawang. Namun sepakan Stancu dari jarak dekat bisa diblok Hugo Lloris tepat di garis gawang. Bola muntah coba dimanfaatkan oleh Vlad Chiriches, namun berhasil diblok oleh Blaise Matuidi dan kembali menghasilkan sepak pojok.

Dari tendangan sudut tersebut, Rumania kembali menghasilkan peluang. Sepak pojok Nicolae Stanciu disambut Florin Andone dengan sundulan, tapi bola  hanya mendarat di atas jaring gawang Prancis.

Prancis coba balik menekan. Antoine Griezmann melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun bisa diblok dan menghasilkan sepak pojok. Kendati tendangan sudut bisa dihalau barisan pertahanan Rumania, Prancis kembali menekan. Dimitri Payet melepaskan umpan dari sisi kiri, namun sundulan Olivier Giroud masih menyamping dari gawang.

Di menit ke-14, Griezmann nyaris membawa Prancis unggul. Crossing Bacary Sagna dari sisi kanan membentur Chiriches yang ada di dalam kotak penalti. Bola muntah langsung disundul oleh Griezmann tapi masih membentur tiang gawang.

Giroud nyaris lolos berhadapan satu lawan satu dengan Ciprian Tatarusanu usai menerima umpan terobosan dari Adil Rami. Tapi Dragos Grigore melakukan intersep di saat yang tepat untuk menggagalkan peluang Giroud.

Setelah menit-menit awal yang intens, tempo pertandingan sedikit menurun. Kendati lebih banyak menguasai bola, Prancis masih kesulitan untuk membongkar pertahanan Rumania.

Griezmann Pemain Atletico Madrid itu sekali lagi nyaris membobol gawang Rumania. Tapi sepakannya meneruskan umpan Payet dari sisi kanan dan berhasil di blok oleh Sapunaru.

Jelang berakhirnya babak pertama. Giroud gagal memaksimalkan sepak pojok Payet. Sundulannya masih melayhang tipis diatas mistas gawang.

Sampai babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Memasuki babak kedua. Rumania kembali dapat peluang lebih dulu seperti di awal babak pertama. Stancu kembali menebar ancaman untuk gawang Prancis. Menerima bola dari Nicolae Stancu. Stancu yang ada dalam posisi onside mengontrolnya dengan dada dan kemudian melepaskan tembakan kaki kanan ke arah tiang jauh. Tapi upayanya itu masih belum tepat sasaran.

Di menit ke-52, giliran Giroud yang mendapat peluang bagus. Namun, usai menerima umpan terobosan dari Payet, sepakan Giroud masih mengarah tepat ke Tatarusanu.

Prancis terus menekan. Sebuah serangan tuan rumah nyaris menghasilkan gol dimenit ke-57. Tapi sepakan voli Paul Pogba masih bisa dihalau Tatarusanu dengan kakinya.

Semenit berselang. Prancis akhirnya memecah kebuntuan. Dari sisi kanan, Payet mengirim umpan kedalam kotak penalti. Giroud mampu menyundul bola kedalam gawang meski disaat bersamaan Tatarusanu juga berupaya menangkap bola.

Kebobolan, Rumania langsung bereaksi. Di menit ke-65. serangan Rumania gagal dihalau dengan sempurna oleh lini belakang Prancis. Patrice Evra kemudian melakukan pelanggaran terhadap Stanciu yang membuat wasit menujuk titik putih. Stanciu yang maju sebagai eksekutor melaksakan tugasnya dengan sempurna. Tendanganya ke pokok kanan bawah gagal diantisipasi oleh Lloris. Skor sama kuat 1-1.

sai Prancis kebobolan, Didier Deschamps langsung melakukan pergantian pemain. Griezmann ditarik keluar dan digantikan oleh Kingsley Coman. Untuk menambah daya gedor, Anthony Martial juga dimasukkan di menit ke-78 menggantikan Pogba.

Tak lama setelah masuk, Martial langsung mendapat peluang. Tapi sepakannya usai bekerja sama dengan Giroud masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Tatarusanu.

Gol! Prancis mencetak gol keduanya di menit ke-89. Payet tampil sebagai pahlawan lewat tembakan dari luar kotak penalti. Sepakan kaki kirinya mengarah ke pojok kiri atas gawang Rumania tanpa bisa dijangkau oleh Tatarusanu.

Prancis nyaris menambah keunggulannya dimasa Injury Time. Dari serangan balik, Sissoko merangsek hingga kejantung pertahanan Rumania, namun sepakan kaki kirinya tidak menemui sasaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*