Bombardir Rep.Ceko, Spanyol Menang Tipis 1-0

Bombardir Rep.Ceko, Spanyol Menang Tipis 1-0

Jadwal Piala Euro 2016 – Spanyol membombardir Republik Ceko sepanjang pertandingan. Namun, akhirnya mereka hanya menang lewat sebuah gol yang di cetak Gerard PiquSebagai juara bertahan, Spanyol menunjukkan dominasi mereka sejak kick-off. Mereka benar-benar mengurung pertahanan Rep. Ceko baik di babak pertama maupun di babak kedua.

Namun, baru empat menit menjelang pertandingan usai, Spanyol bisa mencetak gol. Sebuah sundulan dari Pique, menyambut umpan silang dari Iniesta, memastikan La Furia Roja mendapatkan poin penuh di laga pertama mereka di Piala Eropa 2016.

Spanyol mengoleksi nilai 3, sama dengan nilai milik Kroasia. Kedua tim tersebut juga sama-sama mencetak satu gol dan untuk saat ini berada di dua posisi teratas Grup D.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Stadion Municipal, Toulouse, Senin (13/6/2016) malam WIB, Spanyol mendominasi paruh pertama. Mereka memenangi penguasaan bola hingga hampir mencapai 70%. Kendati begitu, mereka sempat dibuat kesulitan oleh pertahanan rapat Rep. Ceko.

Rep. Ceko, yang ditangani oleh Pavel Vrba, kerap menaruh lima orang pemain di depan kotak penalti sendiri. Tidak hanya sekadar menjaga area tengah, mereka juga mewaspadai sisi pinggir lapangan karena Spanyol memiliki dua full-back –Juanfran dan Jordi Alba– yang rajin naik membantu serangan.

Rapatnya pertahanan Rep. Ceko itu membuat Spanyol harus memutar otak untuk melakukan penetrasi. Beberapa kali mereka mencoba melakukan operan-operan cepat, yang beberapa kali bisa di-intersep oleh barisan pertahanan Rep. Ceko. Pada lain kesempatan, Spanyol juga berulang kali mengandalkan kegesitan pemain-pemain depan seperti David Silva dan Nolito untuk melakukan penetrasi.

Hasilnya tidak buruk. Pergerakan cair para pemain depan dan juga para full-back, membuat Spanyol beberapa kali bisa melakukan tusukan dari sisi sayap. Striker Spanyol, Alvaro Morata, sempat mendapatkan dua peluang bagus di babak pertama ini.

Peluang pertama Morata didapatkan pada menit ke-16. Menerima umpan Silva dari kanan, pemain depan Juventus itu melepaskan sepakan terarah. Sial baginya, kiper Rep. Ceko, Petr Cech, masih bisa menepisnya.

Kans kedua Morata terjadi di menit ke-28. Kali ini, ia menerima umpan terobosan dari tengah. Lantas, dengan kaki kirinya, Morata melepaskan sepakan ke arah tiang jauh. Tetapi, lagi-lagi Cech masih bisa menepis tendangannya.

Di sisi lain, Rep. Ceko nyaris tidak mendapatkan peluang sama sekali di babak pertama. Satu-satunya attempt on target mereka di babak pertama tercipta pada menit ke-44 lewat Tomas Necid. Pemain depan bernomor punggung 7 itu mendapatkan umpan terobosan dan langsung melepaskan sepakan keras kaki kanan. Namun, tendangannya masih bisa diblok kiper Spanyol, David De Gea.

Di babak kedua, dominasi Spanyol masih kentara. Kendati begitu, berulang kali peluang dan serangan yang mereka hasilkan gagal berbuah gol.

Sebaliknya, Rep. Ceko sempat mendapatkan dua peluang via dua set piece. Yang pertama, pada menit ke-56, lewat sepakan Roman Hubnik menyusul sebuah tendangan bebas. Namun, tendangan Hubnik masih bisa dihentikan oleh De Gea.

Lalu, pada menit ke-65, sundulan Theodor Selassie nyaris disambar oleh Pavel Kaderabek di depan gawang Spanyol. Namun, sebelum disambar oleh Kaderabek, Cesc Fabregas menghalau bola dengan sepakannya.

Melihat timnya tak kunjung bisa membobol gawang Rep. Ceko, pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, memasukkan Aritz Aduriz menggantikan Morata, yang dua kali gagal menyelesaikan peluang bagus dalam laga ini. Aduriz sempat mendapatkan beberapa peluang, salah satunya via tendangan salto. Namun, tendangannya masih melebar.

Baru pada menit ke-86, ‘Tim Matador’ bisa memecah kebuntuan. Adalah Gerard Pique yang menjadi pahlawan juara Piala Eropa empat tahun lalu tersebut. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Andres Iniesta dari kanan, Pique menanduk bola di tiang jauh. Gawang yang dikawal Cech pun bobol, Spanyol unggul 1-0.

Menjelang babak kedua berakhir, Republik Ceko sempat membuat pendukung Spanyol deg-degan. Vladimir Darida melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti, namun tendangannya bisa diblok De Gea. Kans Rep. Ceko untuk menyamakan kedudukan pun sirna.

Tidak lama kemudian, pertandingan berakhir. Spanyol pun mendapatkan poin penuh berkat Pique..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*