5 Pertandingan Final Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Euro

5 Pertandingan Final Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Euro

JADWALPIALAEURO.COM – Piala Euro 2016 akan diadakan di Prancis mulai dari Juni, dan sebagai turnamen yang diadakan pada setiap empat tahun sekali, turnamen yang kali ini menjanjikan berbagai pertandingan yang bakalan sangat menarik untuk kita disaksikan.

Seperti pada turnamen-turnamen lainnya, babak final merupakan babak yang sangat dinanti. Berikut adalah lima pertandingan final terbaik dalam sejarah turnamen Piala Euro tersebut.

Piala Euro 1996: Jerman vs Republik Ceska di Wembley Stadium, Inggris

Pada Pertandingan ini sekaligus merupakan pertemuan dari dua tim yang sebelumnya sudah pernha bertemu pada fase grup. Jerman lolos ke pertandingan final setelah berhasil mengalahkan Inggris dalam babak adu penalti, sementara Republik Ceska lolos setelah berhasil juga menyingkirkan Prancis, juga dalam babak adu penalti.

Pertandingan pada babak pertama berjalan sangat ketat dan berakhir imbang tanpa ada gol. Republik Ceska dengan Patrik Berger mampu membukakan skor dengan cara melalui titik putih pada menit ke-59, sebelum seorang pemain pengganti, Olivier Bierhoff, menyamakan kedudukan pada menit ke-73.

Babak kedua pun berakhir dengan skor imbang, dan pertandingan berlanjut pada babak perpanjangan waktu. Bierhoff pun kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol pada awal babak pertama, yang langsung memenangkan Timnas Jerman berkat peraturan golden goal.
Piala Euro 2000: Prancis vs Italia di Feijnoord Stadium, Belanda

Jika saja timnas Italia tidak mengalahkan timnas Belanda pada babak semi final, pertandingan final Piala Euro 2000 akan mempertemukan kedua tim yang sebelumnya berada pada grup yang sama seperti pada Piala Euro 1996.

Kenyataannya Azzurri lolos ke babak final dan bertemu dengan timnas Prancis. Mereka lebih unggul terlebih dahulu pada babak kedua melalui gol yang diperoleh dari Marco Delvecchio, sebelum pada penambahan waktu Sylvain Wiltord dapat menyamakan kedudukan.

Skenario golden goal kembali menjadi penentu dari pada final turnamen bergengsi ini, dan dimenangkan Les Bleus melalui David Trezeguet pada babak kedua dari perpanjangan waktu.
Piala Euro 1984: Prancis vs Spanyol di Parc des Princes, Prancis

Babak Final ini menjadi salah satu yang bisa dibilang terbaik karena sang juara, Prancis, sepanjang turnamen tidak mengandalkan penyerang tengah mereka sama sekali dibandingkan dengan tim-tim lainnya yang ikut berpartisipasi dalam turnamen yang diadakan di negara mereka sendiri.

Bertemu dengan timnas Spanyol, sang tuan rumah unggul di pertengahan babak kedua melalui tendangan bebas rendah dan tajam dari Michel Platini, setelahnya Bruno Bellone mencetak gol yang kedua Les Bleus, sekaligus menjadi satu-satunya pemain penyerang mereka yang mencetak angka pada turnamen ini.

Piala Euro 2008: Spanyol vs Jerman di Ernt-Happel-Stadion, Austria

Kemenangan timnas Spanyol pada turnamen ini menjadi awal dari dominasi mereka dalam sepak bola dunia yang berlangsung sampai dengan saat ini. Menggunakan dominasi penguasaan bola yang kuat sebagai taktik dasar, La Roja bertemu dengan timnas Jerman di babak final.

Penentu dari pertandingan ini adalah seorang Fernando Torres yang mencetak angka tunggal pada pertengahan babak pertama pertandingan menjadi gelar pertama sekaligus terakhir yang dipersembahkan langsung oleh Luis Aragones bagi Timnas Spanyol.

Piala Euro 2004: Yunani vs Portugal di Estadio da Luz, Portugal

Berstatus sebagai tuan rumah, Tim Nasional Portugal sangat diunggulkan menjadi sang juara ketika mereka bertemu dengan Timnas Yunani pada pertandingan babak final yang sebelumnya mereka hadapi pada masa fase grup.

Kenyataannya, gol yang diberikan oleh Angelos Charisteas pada pertengahan pertandingan babak kedua menjadi gol yang menghancurkan harapan tim tuan rumah untuk bisa menjadi juara pada turnamen bergengsi tersebut.

Nah, untuk Piala Euro 2016 ini mungkinkah akan terjadi pertandingan babak final yang mengagumkan seperti pada ajang Piala Eropa yang lalu seperti di atas? Kita tunggu saja Piala Euro 2016 yang akan segera di adakan ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*