10 Stadium Mewah Piala Euro 2016 ( Part 1 )

10 Stadium Mewah Piala Euro 2016 ( Part 1 )

Jadwalpialaeuro – World Cup 1998 di Prancis mungkin saja masih cukup lekat pada ingatan kita. Piala Dunia edisi ke-16 tersebut dimenangi oleh sang tuan rumah setelah pada partai puncak mengalahkan Brasil dengan skor 3-0.

18 tahun berselang, pada 2016, timnas Prancis akan kembali menjadi tuan rumah Piala Eropa. Sepuluh kota pada negara tersebut mendapat kehormatan untuk menggelar 51 pertandingan di ajang empat tahunan yang akan menggunakan suatu format baru turnamen dengan 24 negara di Eropa peserta tersebut.

Apabila pada Piala Dunia 1998, Prancis menggunakan stadion-stadion yang lama yang dipugar tanpa mengubah secara radikal dari bentuk bangunan yang aslinya — terkecuali Stade de France yang berada di Saint-Denis yang merupakan salah satu stadion baru–, maka pada gelaran Piala Euro 2016, Prancis mempresentasikan 8 venue-nya yang lama yang direnovasi menjadi stadion-stadion yang bergaya futuristik dan juga yang modern. Hanya Stadion Stade de France dan Stadion Parc Des Princes di Paris yang tidak meninggalkan desain lamanya.

Akan ada 10 stadion yang akan digunakan pada turnamen ini. Mulai dari Stadion Stade de France di Saint-Dennis sebagai yang terbesar hingga Stadium Municipal yang berkapasitas terkecil di Toulouse. Dari kota Lille yang paling pada sebelah utara hingga pada Marseille yang paling selatan.

  • Saint – Denis Stadion Piala Euro 2016

Euro-2016-Stadiums (15)

Stade de France – Paris (80.000) – Stade de France merupakan stadion nasional kepunyaan masyarakat Prancis seperti halnya stadion Wembley di Inggris. Tak ada klub lokal yang menggunakan stadion yang dibuat khusus untuk timnas Prancis untuk menggelar pertandingan-pertandingan yang penting. Dibangun untuk Piala Dunia 1998, Stade de France sudah tidak lagi menjadi tuan rumah pada suatu pertandingan sepak bola penting lagi semenjak final Liga Champions 2000 pada laga antara Real Madrid vs Valencia (3-0) dan pada tahun 2006 pada laga antara Barcelona vs Arsenal (2-1). Laga pertandingan final Euro 2016 akan digelar pada stadion nasional yang berkapasitas terbesar di Prancis ini.

Kapasitas UEFA : 80.000
Pengguna : Timnas Prancis
Dibuka pada januari 1998

  • LYON Stadion Piala Euro 2016

Euro-2016-Stadiums (15)

Grand Stade OL – Lyon (58.000) – Selain dari Bordeaux yang mendapatkan stadion baru pada Piala Euro 2016, Olympique Lyonnais pun begitu. Grand Stade OL direncakan akan selesai dibangun pada tahun 2015 dan akan menjadi pengganti stadion lama Gerland. Mempunyai desain arsitek yang termuktahir, Grand Stade, akan digunakan oleh tuan rumah untuk beberapa laga di fase grup, untuk 16 besar serta salah satu dari dua semifinal.

Kapasitas UEFA : 58.000
Pengguna : Olympique Lyonnais
Dibuka pada musim 2015 / 16

  • MARSEILLE Stadion Piala Euro 2016

scau-stade-vc3a3c2a9lodrome-marseille-0311

Velodrome – Marseille (67.000) – Dibangun khusus ketika untuk menyambut Piala Dunia 1938, Veldrome beberapa kali mengalami renovasi – renovasi meskipun masih berbentuk lebih kurang sama dengan meninggalkan dari bentuk setengah lingkaran pada salah satu tribunnya. Kandang Stadion milik Olympique de Marseille masih mempunyai trek untuk lari di pinggir lapangannya. Stadiun ini adalah Salah satu stadion tertua dan juga bersejarah ini akan menggelar empat dari laga di fase grup, satu pertandingan perempat final dan salah satu dari dua pertandingan semifinal.

Kapasitas UEFA : 67.000
Pengguna : Olympique de Marseille
Dibuka pada Juni 1937

  • LILLE Stadion Piala Euro 2016

grand-stade-lille

Stade Pierre Mauroy – Lille (50.000) – Stadion ini diberikan nama pada tahun 2013 atas penghormatan untuk almarhum mantan walikota Lille yang juga sebagai mantan perdana menteri Prancis. Stadion ini sebenarnya dibangun secara tidak sengaja, menyusul baiknya prestasi Lille pada Ligue 1 – stadion lama Grimonprez-Jooris tidak memadai untuk menggelar pertandingan Eropa dan akan dibangun ulang, Lille pindah stadion ke Stade Lille Metropole yang sebelumnya memang lebih dikhususkan untuk menggelar konser – konser musik. Tetapi tidak ada perkembangan yang terlihat dari stadion lama mereka dan akhirnya mereka menetap di Lille-Metropole. Grup C, B, A, E, 16 besar dan juga perempatfinal akan dilaksanakan pada stadion beratap ini.

Kapasitas UEFA : 50.100
Pengguna : LOSC Lille
Dibuka pada Agustus 2012

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*